NO
|
KOMPETENSI
UTAMA
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI GURU MATA
PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN
|
INDIKATOR ESENSIAL
|
1
|
Pedagogik
|
1.
Menguasai karakteristik
peserta
didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.
|
1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosial- budaya.
|
1.1.1
Menjelaskan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik,
intelektual, dan sosial- emosional
|
1.1.2
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan latar
belakang sosial budaya
|
||||
1.1.3
Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik,
intelektual, dan sosial- emosional
|
||||
1.1.4 Mengidentifikasi
karakteristik
peserta
didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional
|
||||
1.1.5
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan latar
belakang sosial budaya
|
||||
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
1.4.1
Menjelaskan teori tentang kesulitan belajar peserta didik
dalam menguasai
pengetahuan
|
|||
|
|
|
|
dan keterampilan.
|
1.4.2
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam menguasai
pengetahuan maupun ketrampilan.
|
||||
1.4.3
Mengidentifikasi faktor-faktor kesulitan belajar.
|
||||
1.4.4
Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
|
||||
1.4.5
Melaksanakan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar
|
||||
2.
Menguasai teori belajar
dan prinsip-prinsip
|
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata
|
2.2.1
Mengidentifikasi berbagai pendekatan pembelajaran dan ciri- cirinya.
|
pembelajaran
yang mendidik.
pelajaran yang diampu.
2.2.2
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan pembelajaran
2.2.3
Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya
2.2.4
Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi pembelajaran
2.2.5
Menerapkan pendekatan pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan.
2.2.6 Menerapkan strategi pembelajaran
yang mendidik dan
menyenangkan.
3. Mengembangkan 3.3 Menentukan pengalaman belajar 3.3.1 Mengidentifikasi
model-model
kurikulum
yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang diampu.
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang
terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
pembelajaran
3.3.2
Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran.
3.3.3
Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.3.4
Menerapkan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran
3.3.5
Mengevaluasi penerapan pengalaman belajar.
3.4.1
Memahami materi pembelajaran tentang materi fakta, konsep, prinsip, dan
prosedur
.
3.4.2
Memahami prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran.
3.4.3
Memahami kriteria pemilihan materi pembelajaran
.
3.4.4
Menguraikan langkah-langkah memilih materi pembeljaran
4.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk
kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan
3.4.4
Memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
3.4.5
Menetapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.4.6
Menerapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.4.7
Mengevaluasi materi pembelajaran
4.3.1
Mengidentifikasi syarat-syarat rancangan pembelajaran
4.3.2
Memahami regulasi tentang rancangan pembelajaran
4.3.3
Memahami tujuan rancangan pembelajaran
4.3.4
Memahami rumusan tujuan rancangan pembelajaran
4.3.5 Menyusun rancangan
pembelajaran
sesuai denganmata pelajaran yang diampu.
4.3.6
Mengevaluasi rancangan pembelajaran yang telah disusun
4.4.1
Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam melaksanakan pembelajaran
di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.4.2.
Menerapkan pembelajaran yang profesional di kelas, di laboratorium, dan di
lapangan sesuai hasil rancangan
4.4.3.
Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas, di
laboratorium, dan di lapangansesuai standar keamanan yang dipersyaratkan
4.4.4.
Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21.
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber
belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang
diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.4.5.
Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21
4.5.1.
Menjelaskan pentingnya mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.
4.5.2. Menjelaskan karakteristik dan
prinsip-prinsip
pemilihan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan mata
pelajaran yang diampu
.
4.5.3.
Menjelaskan pemanfaatan berbagai sumber belajar yang sesuai karakteristik
peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.
4.5.4.
Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.
4.5.5.
Menggunakan media
pembelajaran
dan pemanfaatan sumber belajar sesuai hasil
rancangan.
5.
Memanfaatkan teknologi
informasi
dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
5.1.1.
Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills secara global.
5.1.2.
Merancang pengembangan digital literacy skills dalam pembelajaran, secara bertahap.
5.1.3. Menerapkan digital literacy skills
dalam
pembelajaran secara bertahap sesuai hasil rancangan.
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong
peserta
didik mencapai prestasi secara optimal.
6.1.1. Menjelaskan
pentingnya
keterampilan
belajar kritis dan inovasi untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi
optimal
6.1.2.
Merancang pengembangan keterampilan belajar kritis dan
inovasi
dalam pembelajaran untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal.
6.1.3.
Menerapkan keterampilan belajar
kritis dan inovasi dalam
pembelajaran sesuai hasil rancangan
7. Berkomunikasi
secara 7.2 Berkomunikasi
secara efektif, empatik, 7.2.1 Membangun iklim kelas membantu
peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran
10.3.5
Meng evalu asi hasil Penel itian Tinda kan Kelas
8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil
belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran yang diampu.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar.
8.2.1
Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian acuan
8.2.2
Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek- aspek yang perlu
diperhatikan
dalam sistem penilaian proses dan hasil belajar
8.2.3 Membedakan secara jelas dan
rinci
berbagai teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar
8.4.1
Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat
dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk
ranah
sikap, pengetahuan maupun keterampilan
8.4.2
Menentukan teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan
sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan
maupun keterampilan
8.4.3
Menyusun berbagai instrumen penilaian hasil belajar yang telah ditentukan
sesuai dengan materi pelajaran untuk ranah
sikap, pengetahuan dan keterampilan
8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil
belajar
8.7.1
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk
materi
pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun
keterampilan
8.7.2
Mengolah/menganalisis penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan standar,
kriteria dan sistem yang ditetapkan
8.7.3
Melaporkan hasil analisis terhadap penilaian proses dan hasil belajar
9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran
9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
9.1.1.
Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
9.1.2.
Menafsirkani hasil penilaian pembelajaran
9.1.3.
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar.
9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
9.2.1
Menganalisis hasil penilaian
untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan
dan
kelemahan
masing masing
peserta
didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
9.2.2 Merancang program remedial bagi
peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal dalam kompetensi tertentu
9.2.3 Merancang
program pengayaan
bagi peserta didik
yang telah mencapai ketuntasan
belajar
10.
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
10.1
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
10.1.1
Menentukan
bagian-bagian pembelajaran yang
memerlukan perbaikan.
10.1.2
Merancang
langkah-langkah perbaikan
10.1.3 Memanfaatkan masukan dari peserta didik dan
merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya.
10.1.4 Memanfaatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan
rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
10.1.5 Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatan profesionalisme
sebagai pendidik
10.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
dalam mata pelajaran yang diampu.
10.3.1Memahamiteoripenelitiantindakan
kelas
10.3.2
Mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan
pembelajaran
pada mata pelajaran yang diampu
10.3.3 Merencanakan penelitian tindakan
kelas
10.3.4.
Melaksanakan penelitian tindakan kelas
10.3.5
Melakukan refleksi terhadap
proses
dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan
pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.
10.3.6
Mengevaluasi hasil Penelitian
Tindakan Kelas
10.3.7 Menyusun Laporan Penelitian
Tindakan Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar