Jumat, 20 November 2015

kisi pedagogik ukg ipa smp



NO
KOMPETENSI
UTAMA
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI GURU MATA
PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN
INDIKATOR ESENSIAL
1
Pedagogik
1. Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
1.1  Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial- emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya.
1.1.1 Menjelaskan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial- emosional
1.1.2 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan latar belakang sosial budaya
1.1.3 Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial- emosional
1.1.4 Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional
1.1.5 Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan latar belakang sosial budaya
1.4    Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
1.4.1 Menjelaskan teori tentang kesulitan belajar peserta didik
dalam menguasai pengetahuan




dan keterampilan.
1.4.2  Mengidentifikasi  kesulitan belajar peserta didik dalam menguasai pengetahuan maupun ketrampilan.
1.4.3 Mengidentifikasi faktor-faktor kesulitan belajar.
1.4.4 Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
1.4.5 Melaksanakan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar
2. Menguasai teori belajar
dan prinsip-prinsip
2.2  Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata
2.2.1 Mengidentifikasi berbagai pendekatan pembelajaran dan ciri- cirinya.

pembelajaran yang mendidik.

pelajaran yang diampu.

2.2.2 Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan pembelajaran
2.2.3 Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya
2.2.4 Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi pembelajaran
2.2.5 Menerapkan pendekatan pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan.
2.2.6 Menerapkan strategi pembelajaran
yang mendidik dan menyenangkan.


3. Mengembangkan          3.3  Menentukan pengalaman belajar                3.3.1 Mengidentifikasi model-model

kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang diampu.











3.4   Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran

pembelajaran
3.3.2 Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran.
3.3.3 Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.3.4 Menerapkan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran
3.3.5 Mengevaluasi penerapan pengalaman belajar.
3.4.1 Memahami materi pembelajaran tentang materi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
.
3.4.2 Memahami prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran.
3.4.3 Memahami kriteria pemilihan materi pembelajaran
.
3.4.4 Menguraikan langkah-langkah memilih materi pembeljaran













4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.













4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.















4.4  Melaksanakan     pembelajaran    yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan

3.4.4 Memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
3.4.5 Menetapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.4.6 Menerapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
3.4.7 Mengevaluasi materi pembelajaran
4.3.1 Mengidentifikasi syarat-syarat rancangan pembelajaran
4.3.2 Memahami regulasi tentang rancangan pembelajaran
4.3.3 Memahami tujuan rancangan pembelajaran
4.3.4 Memahami rumusan tujuan rancangan pembelajaran
4.3.5 Menyusun rancangan
pembelajaran sesuai denganmata pelajaran yang diampu.
4.3.6 Mengevaluasi rancangan pembelajaran yang telah disusun
4.4.1 Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.4.2. Menerapkan pembelajaran yang profesional di kelas, di laboratorium, dan di lapangan sesuai hasil rancangan
4.4.3. Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangansesuai standar keamanan yang dipersyaratkan
4.4.4. Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21.




4.5  Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

4.4.5. Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21
4.5.1. Menjelaskan pentingnya mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.
4.5.2. Menjelaskan karakteristik dan
prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu
.
4.5.3. Menjelaskan pemanfaatan berbagai sumber belajar yang sesuai karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.
4.5.4. Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu.


4.5.5. Menggunakan media
pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar sesuai hasil
rancangan.


5. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

5.1   Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.

5.1.1. Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills secara global.
5.1.2. Merancang pengembangan digital literacy skills dalam pembelajaran, secara bertahap.
5.1.3. Menerapkan digital literacy skills
dalam pembelajaran secara bertahap sesuai hasil rancangan.

6.  Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

6.1   Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal.

6.1.1. Menjelaskan pentingnya
keterampilan belajar kritis dan inovasi untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal
6.1.2. Merancang pengembangan keterampilan belajar kritis dan
inovasi dalam pembelajaran untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal.


6.1.3. Menerapkan keterampilan belajar
kritis dan inovasi dalam pembelajaran sesuai hasil rancangan




7. Berkomunikasi secara 7.2 Berkomunikasi  secara  efektif, empatik,     7.2.1 Membangun iklim kelas membantu peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran

10.3.5
Meng evalu asi hasil Penel itian Tinda kan Kelas

8.  Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

8.2  Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.









8.4  Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

8.2.1 Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian acuan
8.2.2 Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek- aspek yang perlu
diperhatikan dalam sistem penilaian proses dan hasil belajar
8.2.3 Membedakan secara jelas dan
rinci berbagai teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar

8.4.1 Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk
ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan

8.4.2 Menentukan teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan
8.4.3 Menyusun berbagai instrumen penilaian hasil belajar yang telah ditentukan sesuai dengan materi pelajaran untuk ranah
sikap, pengetahuan dan keterampilan



8.7     Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar

8.7.1 Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan sesuai untuk
materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan maupun
keterampilan
8.7.2 Mengolah/menganalisis penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan standar, kriteria dan sistem yang ditetapkan

8.7.3 Melaporkan hasil analisis terhadap penilaian proses dan hasil belajar


9.  Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran

9.1   Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

9.1.1. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
9.1.2. Menafsirkani hasil penilaian pembelajaran
9.1.3. Menggunakan hasil analisis penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar.

9.2   Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

9.2.1  Menganalisis hasil penilaian
untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan
kelemahan masing masing

peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
9.2.2 Merancang program remedial bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal dalam kompetensi tertentu


9.2.3  Merancang program  pengayaan
bagi   peserta  didik   yang   telah mencapai ketuntasan belajar

10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

10.1.1  Menentukan bagian-bagian pembelajaran  yang memerlukan perbaikan.


10.1.2  Merancang langkah-langkah perbaikan
10.1.3 Memanfaatkan  masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya.
10.1.4 Memanfaatkan  hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya


10.1.5 Mengembangkan diri secara terus  menerus untuk meningkatan profesionalisme sebagai pendidik

10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

10.3.1Memahamiteoripenelitiantindakan kelas
10.3.2 Mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan
pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu
10.3.3 Merencanakan penelitian tindakan kelas


10.3.4. Melaksanakan penelitian tindakan kelas
10.3.5 Melakukan   refleksi terhadap
proses dan hasil pelaksanaan tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.
10.3.6 Mengevaluasi hasil Penelitian
Tindakan Kelas
10.3.7  Menyusun Laporan Penelitian
Tindakan Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar