RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas
Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan : MTsN Lubuk Sikaping
Kelas / semester : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Biologi
Topik : Sistem
Ekskresi
Jumlah pertemuan : 4 kali.@ 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Standar Kompetensi :
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi dasar :
1.1 Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungan dengan kesehatan.
Indikator :
1.1.1 Menyebutkan alat-alat/organ ekskresi pada
manusia.
1.1.2
Menjelaskan fungsi ekskresi pada manusia.
1.1.3
Menjelaskan fungsi ginjal, para-paru sebagai
alat ekskresi, kulit dan hati.
1.1.4
Menggambarkan penampang ginjal manusia.
1.1.5
Mengemukakan proses kerja ginjal
1.1.6
Menggambarkan penampang kulit manusia.
1.1.7
Mendata
contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang biasa dijumpai pada
kehidupan sehari-hari.
1.1.8
Menjelaskan cara penanggulangan penyakit pada
system ekskresi.
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
2 x 40 menit
1. Melalui diskusi peserta didik dapat menyebutkan alat/organ ekskresi pada manusia
2. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi eksresi pada manusia.
3. Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi masing-masing organ eksresi pada manusia
Pertemuan 2 : 2
x 40 menit
1. Melalui diskusi peserta didik dapat menggambarkan penampang ginjal
manusia.
2. Melalui diskusi peserta didik dapat Mengemukakan proses kerja
ginjal.
Pertemuan 3 : 2 x 40 menit
1. Melalui diskusi peserta didik dapat menggambarkan
penampang kulit manusia
2.Melalui diskusi peserta didik dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada masing alat
ekskresi pada manusia.
3.Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara penanggulangan
penyakit pada system ekskresi manusia
v Karakter peserta didik yang diharapkan :
ü Taqwa
ü Rasa hormat dan perhatian
ü Disiplin
ü Tekun
ü Tanggung jawab
ü Kreatif
ü Berfikir logis
ü Ingin tahu
ü Ketelitian
ü Kritis
ü Bergaya Hidup Sehat
ü Peduli lingkungan
B. Materi Pembelajaran
Konsep
- Ekskresi adalah peristiwa pengeluaran zat
sisa metabolisme yang tidak berguna dari tubuh
manusia.
Fakta
Organ penyusun sistem eksresi
-
Ginjal
: Zat yang dikeluarkan
urine
-
Kulit
: Zat yang dikeluarkan
minyak dan keringat
-
Paru-paru : Zat yang dikeluarkan C02,
H2O
-
Hati : Zat yang dikeluarkan cairan
empedu
Fungsi ginjal
1. Sebagai alat pengeluaran utama
2. Mengeluarkan zat yang membahayakan tubuh
3. Memperhanakan tekanan osmosis (kelebihan
air)
4. Mempertahankan keseimbangan asam basa
5. Mengeluarkan zat yang jumlahnya berlebihan
6. Menyaring darah
7. Mengatur tekanan darah dalam arteri
Kandungan urine
1. air lebih kurang 95 %
2 urea,asam urea dan ammonia merupakan sisa
pembongkaran protein
3. garam dapur (NaCl)
4. zat warna empedu yaitu bilirubin dan
biliverdin (memberi warna kuning pada urine)
5. Obat-obatan yang kita minum
6. hormon
7. beberapa zat yang bersifat racun
Bagian-bagian
ginjal :
1.kulit
ginjal (korteks)
Dikulit ginjal terjadi proses penyaringan
darah tepatnya di glomerulus.
2.sum-sum
ginjal (medulla)
Lapisan daam ginjal yang berbentuk kerucut
(piramit)
3.rongga
ginjal ( pelvis/piala ginjal)
Tmpat penampng urine kemudian mengalirkannya keureter.
Proses
pembentukan urine
3 tahap dalam
proses pembentuka urine :
No
|
Proses
|
Tempat
terjadi
|
Bahan asal
|
Hasil
|
1
|
Filtrasi
(penyaringan)
|
Glomerulus
|
Darah
|
Fltrat
glomerulus
|
2
|
Reabsobsi (penyerapan
kembali)
|
Tubulus
kontortu atas(progsimal)
|
Urine
primer
|
Filtrate
tubulus
|
3
|
Augmentasi
(pembuangan )
|
Tubulus
kontortu bawah (distal)
|
Urine
sekunder
|
Urine
sesungguhnya
|
Cara
kerja ginjal ;
Darah yang mengandung sisa metabolisme
masuk keginjal. Cairan yang keluar dari pembuluh darah masuk kenefron yang
tersusun atas glomerulus dan kapsula bowman.Nefron-nefron ini disebut badan
Malpighi.Air,gula ,asam amino dan urea terpisah dari darah kemudian menuju ke
kapsula baoman,proses ini disebut filtrasi ( penyaringan ). Dalam perjalanannya
kesaluran pengumpul terjadi lagi penyerapan bahan-bahan yang masih diperlukan
disebut Reabsobsi. Bahan yang tidak diserap bergaabung dengan air menjadi urine
yang kemudian di buang ( Augmentasi )
Proses yang
terjadi diginjal
1. Filtrasi (
penyaringan )
2. Reabsobsi (
penyerapan )
3. Augmentasi (
pembuangan )
Fungsi Kulit
- Sebagai pelindung organ tubuh yang ada dibawahnya dari pengaruh zat kimia dan benturan benda keras
- Pengatur suhu tubuh
- Sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan keringat dan minyak
- Menjaga pengeluaran air tubuh tidak berlebihan
- Tempat menyimpan lemak
- Sebagai alat indra peraba
- Tempar pembuatan Vit D dari provitamin D
Kulit terdiri dari 2 lapisan ;
1. lapisan luar (epidermis/kulit ari) terdiri dari :
a.lapisan tanduk berupa sel mati dan mudah mengelupas
b.lapisan Malpighi berupa sel hidup da mangandung pigmen melanin.
2.lapisan dalam (dermis) terdiri
dari :
a.ujung saraf pembuluh darah
b.kelenjer
keringat
c.kelenjer minyak
d. folikel rambut
3.Jaringan
ikat bawah kulit : Berisi lemak cadangan
makanan dan melindungi tubuh dari benturan serta melindungi dari
kehilangan panas tubuh
HATI
Fungsi hati
1.alat eksresi menghasilkan
empedu
2.tempat pembentukan dan
pembongkaran glikogen
3.tempat pembentukan dan pembongkaran protein
4.tempat pembongkaran sel-sel darah merah yang sudah
tua
5.membebtuk dan mengeluarkan
cairan empedu
6. Menetralkan obat an racun
(penawar racun)
7.Tempat pembentuan sel-sel
dara merah pada janin.
8.Tempat pembentukan
protrombin
9.Tempat pengubahan provitamain A
menjadi vitamin A
Kelainan dan
penyakit pada hati
1.Hepatitis adalah radang atau pembengkakan hati
Disebabkan oleh virus,alcohol,narkoba,obat-obatan atau racun
2.Serosis adalah pengerasan pada
hati sehingga fungsi hati menjadi gagal dan berakibat kematian
3.Kangker hati
4.Penyakit Wilson adalh penyakit
keturunan dengan kadar zat tembaga dalam tubuh berlebihan yang berakibat
penyakit hati
5.Hemokhomatosis adalh penyakit
yang mengganggu metabolism zat besi sehingga tubuh akan kelebihan cadangan zat
besi terutama didalam hati.
PARU-PARU
Fungsi paru-paru ;
1.alat pernapasan
2.alat pengeluaran
Prosedur
Proses Pembentukkan Urine Pada Ginjal
1. Filtrasi (penyaringan) : Kapsul
bowman menyaring darah yang terdapat dalam glomerolus
Fietrat yang dihasilkan disebut filtrat
glomerolus atau urine primer yang masih mengandung glukosa, asam amino, dan
garam.
2. Reabsorbsi (penyerapan kembali) : Didalam tobulus kontartus proksimal urine
primer mengalami reabsorbsi yaitu penyerapan kembali zat yang masih berguna.
Hasilnya disebut urine sekunder. Dengan kadar urea
yang tinggi.
3. Pengeluaran zat (augmentasi) : Didalam
tubulus kontartus distal terbentuk urine yang sesungguhnya. Didalam urine ini
tidak ada lagi glukosa dan protein.
Konsep
Kelainan dan penyakit pada alat ekskresi
Gangguan pada ginjal
-
Nefritis
: Meningkatkan kadar urine dalam darah yang disebabkan infeksi kuman pada
nefron
-
Glukosuria
/ Diabetes militus(kencing manis)
: Adanya Glukosa dalam urine . Kadar
gula dalam darah meningkat yang disebabkan kurang hormon meulin
-
Albuminuria
kerusakan atau iritasi sel-sel ginjal akibat infeksi
-
Batu
ginjal adanya endapan zat kapur dalam ginjal
-
Hidronefrosis
: membesarnya
salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar akibat penyempitan
aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal
-
Hematuria
: Adanya sel darah merah dalamn urine , disebabkan peradangan pada organ
urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal
Gangguan pada kulit
-
Panu
-
Jerawat
-
Kurap
-
Kutu
air
-
Kanker
Gangguan paru-paru :
-
Asma ; Penyempitan
pembuluh / saluran pernafasan
-
Bronkhitis
:Infeksi pada bronkus
-
Rabu
basah : Selaput (pleura) digenangi air
-
TBC : Serangan bakteri Tuberkulosis
-
Pleuritis
: Peradangan selaput Pleura
-
Influenza
: Infeksi virus influenza
-
Pneumonia
: Peradangan pada paru-paru akibat bakteri, virus, jamur
Gangguan hati :
-
Hepatitis
: Radang hati akibat virus A, B
-
Chirvosis
: Jaringan hati yang menyusun.
Alokasi waktu
- Tatap muka 12 X 40 menitan
- Tugas terstruktur 40% X 480
menit = 192 menit membuat gambar penampang ginjal dan kulit
C. Strategi dan Metode Pembelajaran
Ekspositori
-ceramah interaktif
-discoveri inkuiri
-studi pustaka
-penugasan
D.Langkah –
langkah pembelajaran
Pertemuan 1 :
2 x 40 menit
No
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan 10 menit
|
|
|
1.Berdoa (nilai karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru
mengabsen peserta didik dan
menyiapkannya untuk
belajar (
nilai karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
|
5 menit
|
|
3.Guru
memberi apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan
Diwaktu suhu udara panas apa yang banyak kamu keluarkan
?
(nilai karakter
yang ditanamkan: rasa hormat & perhatiann, bergaya hidup sehat dan peduli
lingkungan )
|
_______
|
|
4.Guru
memberi motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan : Apakah yang menyebabkan keringat keluar ?
|
5 menit
|
|
5.Guru
memberi tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran (nilai karakter yang diharapkan: cinta ilmu)
|
________
|
|
6.
Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang
telah ditentukan
|
________
|
2
|
Kegiatan
inti 50 menit
|
|
|
EKSPLORASI
Guru menyampaikan dan menampilkan carta / model /
gambar
organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
Gambar apakah yang ada didepan ? (nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat &
perhatian)
Peserta didik dalam
setiap kelompok materi yang telah
dijelaskan oleh guru.
(nilai karakter yang ditanamkan: rasa
hormat & perhatian, peduli lingkungan )
|
10 menit
|
|
ELABORASI
1. Peserta
didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi bagian yang dianggap penting (nilai karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
2. Peserta didik menunjukkan
bagian –bagian ginjal dari carta atau gambar yang ditayangkan.
(nilai
karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti, peduli
lingkungan)
3.Peserta
didik yang lain diberi kesempatan untuk bertanya, mengkritik,memberi saran dan
tanggapan,kritislogis dan demokratis).(nilai
karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti)
4.
Pendidik memberikan beberapa pertanyaan tentang sistem ekskresi manusia dan
fungsinya.
5. Peserta didik dalam
setiap kelompok mendiskusikan
tentang bagian-bagian ginjal beserta proses terjadinya urine
(nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama,
tekun , teliti, bergaya hidup sehat, peduli lingkungan )
6.Beberapa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan
kelas dan ditanggapi oleh kelompok
lain,kegiatan dilanjutkan dengan (nilai karakter yang ditanamkan
:kerjasama,tanggung jawab,saling menghargai pendapat,percaya diri )
|
20menit
|
|
KONFIRMASI
Pendidik
membimbing peserta didik dalam membahas jawaban yang diberikan dengan tujuan
mengambil kesimpulan
|
20menit
|
3
|
Penutup 20 menit
|
|
|
1.Guru membimbing peserta didik mengambil kesimpulan
|
10 menit
|
|
2. Peserta didik disuruh mencatat
kesimpulan tentang alat/organ
ekskresi pada manusia, menjelaskan fungsi eksresi
pada manusia dan menjelaskan fungsi masing-masing organ eksresi pada manusia
|
5 menit
|
|
3. Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk
menguji daya serap dan guru memberi
tugas rumah pada peserta didik.
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung
jawab dan rasa hormat & perhatian )
|
5 menit
|
Pertanyaan
1. Sebutkan organ penyusun sistem eksresi dan
zat yang dikeluarkan.
2. Jelaskan fungsi ginjal
3. Jelaskan proses pembentukkan urine
4. Jelaskan zat yang terkandung dalam urine
5. Sebutkan bagian – bagian ginjal
6. Jelaskan fungsi kulit
7. Jelaskan bagian kulit
8. Jelaskan fungsi dan zat yang dikeluarkan
paru-paru
9. Jelaskan fungsi hati
10. Uraikan
proses kerja ekskresi pada ginjal.
Tugas Rumah
1. gambar
penampang ginjal
2. Gambar
penampang kulit
Pertemuan 2 : 2 x 40 menit
No
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan 10 menit
|
|
|
1.Berdoa (nilai
karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru
mengabsen siswa dan menyiapkan siswa untuk belajar
( nilai
karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
|
5 menit
|
|
3.Guru memberi
apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan : Apakah fungsi ekskresi pada manusia? ( nilai
karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatian, bergaya hidup
sehat, peduli lingkungan )
|
_______
|
|
4.Guru memberi
motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan : Seperti apakah bentuk ginjal ? (nilai karakter yang ditanamkan : peduli lingkungan)
|
5 menit
|
|
EKSPLORASI
1.Guru memberi
tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran,dan menginformasikan
tentang fungsi, letak dan
bagian-bagian ginjal (nilai karakter yang diharapkan:
cinta ilmu, bergaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan)
|
________
|
|
2. Peserta
didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang telah
ditentukan
|
________
|
2
|
Kegiatan inti 50 menit
|
|
|
ELABORASI
1. Peserta didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi
bagian yang dianggap penting(nilai
karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
|
10 menit
|
|
2.Peserta didik mendiskusikan
fungsi
ginjal.
(nilai
karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti, bergaya
hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan)
3.Peserta didik mendiskusikan
gambar
penampang ginjal dan fungsi masing-masingnya.
(nilai
karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat dan peduli
terhadap lingkungan)
4.Peserta didik mendiskusikan
proses
terbentuknya urine / cara kerja ginjal (nilai karakter yang
ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat dan peduli lingkungan)
|
20menit
|
|
5.Guru memberi informasi tentang
cara membuat laporan dan menyimpulkan fungsi ginjal, gambar penampang ginjal dan fungsi
masing-masingnya dan proses terbentuknya urine / cara kerja ginjal .
|
20menit
|
3
|
Penutup 20 menit
|
|
|
KONFIRMASI
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan hasil
kegiatan
|
10 menit
|
|
2. Peserta
didik disuruh mencatat kesimpulan
|
5 menit
|
|
3. .Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk
menguji daya serap dan guru memberi
tugas rumah pada peserta didik
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung
jawab dan rasa hormat & perhatian )
|
5 menit
|
Pertanyaan / penjelasan kegiatan
1. Jelaskan dimana letak
ginjal.
2. Jelaskan fungsi ginjal.
3.
Jelaskan bagian-bagian
ginjal
Pertemuan 3 : 2 x 40 menit
No
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan 10 menit
|
|
|
1.Berdoa (nilai karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru
mengabsen peserta didik dan
menyiapkannya untuk
belajar ( nilai
karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
|
5 menit
|
|
3.Guru memberi apersepsi dengan mengajukan pertanyaan : Apakah fungsi ginjal ? (nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat &
perhatiann, bergaya hidup sehatli lingkungan pedu )
|
_______
|
|
4.Guru
memberi motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan :Mengapa
ketika berolahraga kita berkeringat?
|
5 menit
|
|
5.Guru
memberi tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran (nilai karakter yang diharapkan: cinta ilmu)
|
________
|
|
6.
Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang
telah ditentukan
|
________
|
2
|
Kegiatan
inti 50 menit
|
|
|
EKSPLORASI
Guru memberikan
pertanyaan tentang fungsi, bagian kulit, hati dan paru-paru sebagai alat
ekskresi serta kelainan dan penyakit pada alat ekskresi .
|
10 menit
|
|
ELABORASI
1. Peserta
didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi bagian yang dianggap penting (nilai karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
2.
Peserta didik mendiskusikan fungsi kulit. (nilai karakter yang ditanamkan:ingin
tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat, peduli lingkungan)
3.Peserta didik mendiskusikan gambar penampang kulit.
(nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama,
tekun dan teliti)
4.Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi hati.
5.Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi
paru-paru.
6.
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kelainan dan
penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
7.Beberapa
wakil kelompok
mempresentasikan hasil
diskusi didepan kelas dan
ditanggapi oleh kelompok lain,kegiatan dilanjutkan dengan (nilai karakter yang ditanamkan :kerjasama,tanggung
jawab,saling menghargai pendapat,percaya diri )
|
20menit
|
|
KONFIRMASI
Tentang fungsi
kulit,penampang kulit dan fungsi masing-masing bagiannya, fungsi hati,
paru-paru dsan kelainan dan penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
|
20menit
|
3
|
Penutup
20 menit
|
|
|
1.Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan dengan menyiapkan tabel
didepan kelas
|
10 menit
|
|
2. Peserta didik disuruh mencatat
kesimpulan tentang
fungsi kulit,penampang kulit dan fungsi masing-masing bagiannya, fungsi hati,
paru-paru dsan kelainan dan penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
|
5 menit
|
|
3. Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk
menguji daya serap dan guru memberi
tugas rumah pada peserta didik
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung
jawab dan rasa hormat & perhatian )
|
5 menit
|
Pertanyaan / penjelasan kegiatan
1. Jelaskan Fungsi hati.
2. Jelaskan fungsi paru-paru
sebagai alat ekskresi
3.
Jelaskan bagian-bagian
kulit
4. Jelaskan fungsi kulit.
5.Sebutkan contoh kelainan dan penyakit pada kulit, paru-paru dan hati
E. Penilaian hasil pembelajaran.
1
Jenis
penilaian
a.Tes
b.Non tes (sikap)
2
Teknik
penilaian
a.tertulis
3
Bentuk
penilaian
a.uraian
4
Prosedur
penilaian
a.akhir (postes)
Soal :
NO.
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Rentang skor
|
1
|
Sebutkan 4 organ penyusun sistem ekskresi dan
zat yang dikeluarkan
|
|
0 - 4
|
2
|
Jelaskan fungsi ginjal
|
|
0 - 1
|
3
|
Jelaskan proses pembentukan urine
|
|
0 - 1
|
4
|
Jelaskan zat yang terkandung dalam urine
|
|
0 - 4
|
5
|
Sebutkan bagian-bagian ginjal
|
|
0 - 3
|
6
|
Jelaskan fungsi kulit
|
|
0 - 5
|
7
|
Jelaskan bagian kulit
|
|
0 - 3
|
8
|
Jelaskan fungsi dan zat yang dikeluarkan paru-paru
|
|
0 - 5
|
9
|
Jelaskan fungsi hati
|
|
0 - 2
|
10
|
Uraikan proses kerja ekskresi pada ginjal
|
|
0 - 3
|
Jumlah skor maksimal 32
Nilai = jumlah skor
perolehan : skor maksimal X 100
Tugas Rumah
1. Gambar penampang ginjal
2. Gambar penampang kulit
F. Sumber dan Alat Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
·
Sumarwan,
dkk 2007, IPA SMP untuk kelas IX, Jakarta : Erlangga, (halaman : 1- 24 )
·
Fx.
Parsono, dkk,2007 PUPIN IPA Terpadu untuk SMP / MTs , Waringin rejo : Seiaji,
(halaman 4 – 11)
·
Karnoto,Bambang
K , 2004. FOKUS BIOLOGI, Jakarta : Erlangga, (halaman : 72- 73 )
·
Wariyono,
Sukis, dkk, 2008,Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar,Panduan Belajar IPA Terpadu
untuk Kelas IX SMP/MTs, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional ( halaman 1- 14 )
2. Alat
dan Media Pembelajaran
·
Alat
tulis, seperti : Spidol, penghapus papan,dll
·
Gambar
penampang ginjal
·
Gambar penampang kulit
·
Model ginjal
·
Model kulit
·
Model hati
Mengetahui, Lubuk
Sikaping, Juli 2014
Kepala MTsN Lubuk Sikaping Guru Mata Pelajaran
ADE PABRIAN,M.M.Pd ElVINA,S.Pd
Nip. 196702121996031002
Nip.197105231999032001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar