Jumat, 10 April 2015

RPP SISTEM EKRESI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                      

1.Identitas Mata Pelajaran

      Satuan Pendidikan            : MTsN Lubuk Sikaping
      Kelas / semester                : IX (Sembilan) / 1 (Satu)
      Mata Pelajaran                  : Biologi
      Topik                                : Sistem Ekskresi
      Jumlah pertemuan            : 4 kali.@ 2 x 40 menit
      Tahun Pelajaran                : 2014  /  2015
 

Standar Kompetensi             :  
1.       Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi dasar     :
1.1  Mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia  dan hubungan dengan kesehatan.
Indikator                    :
1.1.1   Menyebutkan alat-alat/organ ekskresi pada manusia.
1.1.2        Menjelaskan fungsi ekskresi pada manusia.
1.1.3        Menjelaskan fungsi ginjal, para-paru sebagai alat ekskresi, kulit dan hati.
1.1.4        Menggambarkan penampang ginjal manusia.
1.1.5        Mengemukakan proses kerja ginjal
1.1.6        Menggambarkan penampang kulit manusia.
1.1.7        Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang biasa dijumpai pada kehidupan sehari-hari.
1.1.8        Menjelaskan cara penanggulangan penyakit pada system ekskresi.
A.  Tujuan Pembelajaran
     Pertemuan 1 : 2 x 40 menit
1.    Melalui diskusi peserta didik dapat menyebutkan alat/organ ekskresi pada manusia
2.    Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi eksresi pada manusia.
3.  Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan fungsi masing-masing organ eksresi pada manusia

    Pertemuan 2 : 2 x 40 menit
1.  Melalui diskusi peserta didik dapat menggambarkan penampang ginjal manusia.
2. Melalui diskusi peserta didik dapat Mengemukakan proses kerja ginjal.
   Pertemuan 3 : 2 x 40 menit
1.  Melalui diskusi peserta didik dapat menggambarkan penampang kulit manusia
2.Melalui diskusi peserta didik dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada masing alat ekskresi pada manusia.
3.Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara penanggulangan penyakit pada system ekskresi manusia
 
v  Karakter peserta didik yang diharapkan :
ü  Taqwa
ü  Rasa hormat dan perhatian                                     
ü  Disiplin
ü  Tekun
ü  Tanggung jawab
ü  Kreatif
ü  Berfikir logis
ü  Ingin tahu
ü  Ketelitian
ü  Kritis
ü  Bergaya Hidup Sehat
ü  Peduli lingkungan

B.  Materi Pembelajaran
Konsep
- Ekskresi adalah peristiwa pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak berguna dari tubuh
  manusia.
Fakta
Organ penyusun sistem eksresi
-          Ginjal                 : Zat yang dikeluarkan urine
-          Kulit                   : Zat yang dikeluarkan minyak dan keringat
-          Paru-paru            : Zat yang dikeluarkan C02, H2O
-          Hati                    : Zat yang dikeluarkan cairan empedu
Fungsi ginjal
1.      Sebagai alat pengeluaran utama
2.       Mengeluarkan zat yang membahayakan tubuh
3.      Memperhanakan tekanan osmosis (kelebihan air)
4.      Mempertahankan keseimbangan asam basa
5.      Mengeluarkan zat yang jumlahnya berlebihan
6.      Menyaring darah
7.      Mengatur tekanan darah dalam arteri
Kandungan urine
1.  air lebih kurang 95 %
2   urea,asam urea dan ammonia merupakan sisa pembongkaran protein
3.  garam dapur (NaCl)
4.  zat warna empedu yaitu bilirubin dan biliverdin (memberi warna kuning pada urine)
5.  Obat-obatan yang kita minum
6.  hormon
7.  beberapa zat yang bersifat racun



Bagian-bagian ginjal :
Description: Description: E:\GAMBAR TEK WEN\penampang ginjal.jpg1.kulit ginjal (korteks)
   Dikulit ginjal terjadi proses penyaringan darah tepatnya di glomerulus.
2.sum-sum ginjal (medulla)                                                                           
   Lapisan daam ginjal yang berbentuk kerucut (piramit)
3.rongga ginjal ( pelvis/piala ginjal)
   Tmpat penampng urine kemudian mengalirkannya keureter.
Proses pembentukan urine
3 tahap dalam proses pembentuka urine :
No
Proses
Tempat terjadi
Bahan asal
Hasil
1
Filtrasi (penyaringan)
Glomerulus
Darah
Fltrat glomerulus
2
Reabsobsi (penyerapan kembali)
Tubulus kontortu atas(progsimal)
Urine primer
Filtrate tubulus
3
Augmentasi (pembuangan )
Tubulus kontortu bawah (distal)
Urine sekunder
Urine sesungguhnya


Description: Description: E:\GAMBAR TEK WEN\nefron.jpg
Cara kerja ginjal ;
      Darah yang mengandung sisa metabolisme masuk keginjal. Cairan yang keluar dari pembuluh darah masuk kenefron yang tersusun atas glomerulus dan kapsula bowman.Nefron-nefron ini disebut badan Malpighi.Air,gula ,asam amino dan urea terpisah dari darah kemudian menuju ke kapsula baoman,proses ini disebut filtrasi ( penyaringan ). Dalam perjalanannya kesaluran pengumpul terjadi lagi penyerapan bahan-bahan yang masih diperlukan disebut Reabsobsi. Bahan yang tidak diserap bergaabung dengan air menjadi urine yang kemudian di buang ( Augmentasi ) 
Proses yang terjadi diginjal
1.      Filtrasi ( penyaringan )
2.      Reabsobsi ( penyerapan )
3.      Augmentasi ( pembuangan )

Fungsi Kulit
  1. Sebagai pelindung organ tubuh yang ada dibawahnya dari pengaruh zat kimia dan benturan benda keras
  2. Pengatur suhu tubuh
  3. Sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan keringat dan minyak
  4. Menjaga pengeluaran air tubuh tidak berlebihan
  5. Tempat menyimpan lemak
  6. Sebagai alat indra peraba
  7. Tempar pembuatan Vit D dari provitamin D

Kulit terdiri dari 2 lapisan ;


Description: Description: E:\GAMBAR TEK WEN\kulit-penampang.jpg

1. lapisan luar (epidermis/kulit ari) terdiri dari :
   a.lapisan tanduk berupa sel mati dan mudah mengelupas
   b.lapisan Malpighi berupa sel hidup da mangandung pigmen melanin.


2.lapisan dalam (dermis) terdiri dari :
   a.ujung saraf pembuluh darah
   b.kelenjer keringat
   c.kelenjer minyak
   d. folikel rambut
3.Jaringan ikat bawah kulit :  Berisi lemak cadangan makanan dan melindungi tubuh dari benturan   serta melindungi dari kehilangan panas tubuh


HATI                                                                              


Description: Description: E:\GAMBAR TEK WEN\IVF.jpg

Fungsi hati
1.alat eksresi menghasilkan empedu                                           
2.tempat pembentukan dan pembongkaran glikogen
3.tempat pembentukan dan pembongkaran protein
4.tempat pembongkaran sel-sel darah merah yang sudah tua
5.membebtuk dan mengeluarkan cairan empedu
6. Menetralkan obat an racun (penawar racun)
7.Tempat pembentuan sel-sel dara merah pada janin.
      8.Tempat pembentukan protrombin
9.Tempat pengubahan provitamain A menjadi vitamin A

      Kelainan dan penyakit pada hati
1.Hepatitis adalah radang atau pembengkakan hati
   Disebabkan oleh virus,alcohol,narkoba,obat-obatan atau racun
2.Serosis adalah pengerasan pada hati sehingga fungsi hati menjadi gagal dan berakibat kematian
3.Kangker hati
4.Penyakit Wilson adalh penyakit keturunan dengan kadar zat tembaga dalam tubuh berlebihan yang berakibat penyakit hati
5.Hemokhomatosis adalh penyakit yang mengganggu metabolism zat besi sehingga tubuh akan kelebihan cadangan zat besi terutama didalam hati.


Description: Description: E:\GAMBAR TEK WEN\respirasi1.jpg
PARU-PARU
Fungsi paru-paru ;
1.alat pernapasan
2.alat pengeluaran

Prosedur
Proses Pembentukkan Urine Pada Ginjal
1.      Filtrasi (penyaringan) : Kapsul bowman menyaring darah yang terdapat dalam glomerolus
Fietrat yang dihasilkan disebut filtrat glomerolus atau urine primer yang masih mengandung glukosa, asam amino, dan garam.
2.      Reabsorbsi (penyerapan kembali) : Didalam tobulus kontartus proksimal urine primer mengalami reabsorbsi yaitu penyerapan kembali zat yang masih berguna.
Hasilnya disebut urine sekunder. Dengan kadar urea yang tinggi.
3.      Pengeluaran zat (augmentasi)  : Didalam tubulus kontartus distal terbentuk urine yang sesungguhnya. Didalam urine ini tidak ada lagi glukosa dan protein.


Konsep
Kelainan dan penyakit pada alat ekskresi
Gangguan pada ginjal
-          Nefritis  : Meningkatkan kadar urine dalam darah yang disebabkan infeksi kuman pada nefron
-          Glukosuria / Diabetes  militus(kencing manis) : Adanya Glukosa dalam urine . Kadar gula dalam darah meningkat yang disebabkan kurang hormon meulin
-          Albuminuria kerusakan atau iritasi sel-sel ginjal akibat infeksi
-          Batu ginjal adanya endapan zat kapur dalam ginjal
-          Hidronefrosis : membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal
-          Hematuria : Adanya sel darah merah dalamn urine , disebabkan peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal
Gangguan pada kulit
-          Panu
-          Jerawat
-          Kurap
-          Kutu air
-          Kanker
Gangguan paru-paru :
-          Asma  ; Penyempitan pembuluh / saluran pernafasan
-          Bronkhitis  :Infeksi pada bronkus
-          Rabu basah  : Selaput (pleura) digenangi air
-          TBC  : Serangan bakteri Tuberkulosis
-          Pleuritis  : Peradangan selaput Pleura
-          Influenza  : Infeksi virus influenza
-          Pneumonia  : Peradangan pada paru-paru akibat bakteri, virus, jamur
Gangguan hati :
-          Hepatitis  : Radang hati akibat virus A, B
-          Chirvosis  : Jaringan hati yang menyusun.

Alokasi waktu
- Tatap muka 12 X 40 menitan
- Tugas terstruktur 40% X 480 menit    = 192 menit membuat gambar penampang ginjal dan kulit
C. Strategi dan Metode Pembelajaran
Ekspositori
-ceramah interaktif
-discoveri inkuiri
-studi pustaka
-penugasan
D.Langkah – langkah  pembelajaran

Pertemuan 1 : 2 x 40 menit
No
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
1
Pendahuluan 10 menit


1.Berdoa (nilai karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru mengabsen peserta didik dan menyiapkannya untuk belajar  ( nilai karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
5 menit

3.Guru memberi apersepsi  dengan mengajukan pertanyaan
Diwaktu suhu udara panas apa yang banyak kamu keluarkan ?
 (nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatiann, bergaya hidup sehat dan peduli lingkungan )
_______

4.Guru memberi motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan : Apakah yang menyebabkan keringat keluar ?
5 menit

5.Guru memberi tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran (nilai karakter yang diharapkan: cinta ilmu)
________

6. Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
________
2
Kegiatan inti 50 menit


EKSPLORASI
Guru menyampaikan dan menampilkan carta / model / gambar
organ penyusun sistem eksresi pada manusia.
Gambar apakah yang ada didepan ? (nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatian)
Peserta didik dalam setiap kelompok materi yang telah dijelaskan oleh guru.
(nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatian, peduli lingkungan )
10 menit

ELABORASI
1. Peserta didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi bagian yang dianggap penting (nilai karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
2. Peserta didik  menunjukkan bagian –bagian ginjal dari carta atau gambar yang ditayangkan.
 (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti, peduli lingkungan)
3.Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk bertanya, mengkritik,memberi saran dan tanggapan,kritislogis dan demokratis).(nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti)
4. Pendidik memberikan beberapa pertanyaan tentang sistem ekskresi manusia dan fungsinya.
5. Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan tentang bagian-bagian ginjal beserta proses terjadinya urine
 (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun , teliti, bergaya hidup sehat, peduli lingkungan )
6.Beberapa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas  dan ditanggapi oleh kelompok lain,kegiatan dilanjutkan dengan (nilai karakter yang ditanamkan :kerjasama,tanggung jawab,saling menghargai pendapat,percaya diri )
20menit

KONFIRMASI
Pendidik membimbing peserta didik dalam membahas jawaban yang diberikan dengan tujuan mengambil kesimpulan
20menit
3
Penutup 20 menit


1.Guru membimbing peserta didik mengambil kesimpulan
10 menit

2. Peserta didik disuruh mencatat kesimpulan tentang alat/organ ekskresi pada manusia, menjelaskan fungsi eksresi pada manusia dan menjelaskan fungsi masing-masing organ eksresi pada manusia
5 menit

3. Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk menguji  daya serap dan guru memberi tugas rumah pada peserta didik.
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung jawab dan rasa hormat & perhatian )
5 menit

Pertanyaan 
1. Sebutkan organ penyusun sistem eksresi dan zat yang dikeluarkan.
2. Jelaskan fungsi ginjal
3. Jelaskan proses pembentukkan urine
4. Jelaskan zat yang terkandung dalam urine
5. Sebutkan bagian – bagian ginjal
6. Jelaskan fungsi kulit
7. Jelaskan bagian kulit
8. Jelaskan fungsi dan zat yang dikeluarkan paru-paru
9. Jelaskan fungsi hati
10. Uraikan proses kerja ekskresi pada ginjal.



Tugas Rumah
1. gambar penampang ginjal
2. Gambar penampang kulit


Pertemuan 2 : 2 x 40 menit
No
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
1
Pendahuluan 10 menit


1.Berdoa (nilai karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru mengabsen siswa dan menyiapkan siswa untuk belajar
 ( nilai karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
5 menit

3.Guru memberi apersepsi  dengan mengajukan pertanyaan  : Apakah fungsi ekskresi pada manusia? ( nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatian, bergaya hidup sehat,  peduli lingkungan )
_______

4.Guru memberi motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan : Seperti apakah bentuk ginjal ? (nilai karakter yang ditanamkan : peduli lingkungan)
5 menit

EKSPLORASI
1.Guru memberi tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran,dan menginformasikan tentang fungsi, letak dan bagian-bagian ginjal (nilai karakter yang diharapkan: cinta ilmu, bergaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan)
________

2. Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
________
2
Kegiatan inti 50 menit



ELABORASI
1. Peserta didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi bagian yang dianggap penting(nilai karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
10 menit


2.Peserta didik  mendiskusikan fungsi ginjal.
 (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti, bergaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan)
3.Peserta didik  mendiskusikan gambar penampang ginjal dan fungsi masing-masingnya.
(nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan)
4.Peserta didik  mendiskusikan proses terbentuknya urine / cara kerja ginjal (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat dan peduli lingkungan)

20menit

5.Guru memberi informasi tentang cara membuat laporan dan  menyimpulkan fungsi ginjal, gambar penampang ginjal dan fungsi masing-masingnya dan proses terbentuknya urine / cara kerja ginjal .

20menit
3
Penutup 20 menit


KONFIRMASI
1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
10 menit

2. Peserta didik disuruh mencatat kesimpulan
5 menit

3. .Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk menguji  daya serap dan guru memberi tugas rumah pada peserta didik
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung jawab dan rasa hormat & perhatian )
5 menit

Pertanyaan / penjelasan kegiatan
1.  Jelaskan dimana letak ginjal.
2.  Jelaskan fungsi ginjal.
3.  Jelaskan bagian-bagian ginjal

Pertemuan 3 : 2 x 40 menit
No
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
1
Pendahuluan 10 menit


1.Berdoa (nilai karakter yang ditanamkan : Taqwa)
2.Guru mengabsen peserta didik dan menyiapkannya untuk belajar  ( nilai karakter yang ditanamkan : disiplin, peduli lingkungan)
5 menit

3.Guru memberi apersepsi  dengan mengajukan pertanyaan  : Apakah fungsi ginjal ? (nilai karakter yang ditanamkan: rasa hormat & perhatiann, bergaya hidup sehatli lingkungan pedu )
_______

4.Guru memberi motivasi pada peserta didik dengan memberi pertanyaan :Mengapa ketika berolahraga kita berkeringat?
5 menit

5.Guru memberi tahukan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran (nilai karakter yang diharapkan: cinta ilmu)
________

6. Peserta didik dibagi atas beberapa kelompok dan duduk dalam kelompok yang telah ditentukan
________
2
Kegiatan inti 50 menit


EKSPLORASI
Guru memberikan pertanyaan tentang fungsi, bagian kulit, hati dan paru-paru sebagai alat ekskresi serta kelainan dan penyakit pada alat ekskresi .
10 menit

ELABORASI
1. Peserta didik membaca buku sumber dan menggaris bawahi bagian yang dianggap penting (nilai karakter yang ditanamkan tekun dan teliti)
2. Peserta didik  mendiskusikan fungsi kulit. (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, bergaya hidup sehat, peduli lingkungan)
3.Peserta didik mendiskusikan gambar penampang kulit.
   (nilai karakter yang ditanamkan:ingin tahu,kerjasama, tekun dan teliti)
4.Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi hati.
5.Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi paru-paru.
6. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kelainan dan penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
7.Beberapa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas  dan ditanggapi oleh kelompok lain,kegiatan dilanjutkan dengan (nilai karakter yang ditanamkan :kerjasama,tanggung jawab,saling menghargai pendapat,percaya diri )
20menit

KONFIRMASI
Tentang fungsi kulit,penampang kulit dan fungsi masing-masing bagiannya, fungsi hati, paru-paru dsan kelainan dan penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
20menit
3
Penutup 20 menit


1.Guru membimbing peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan dengan menyiapkan tabel didepan kelas
10 menit

2. Peserta didik disuruh mencatat kesimpulan tentang fungsi kulit,penampang kulit dan fungsi masing-masing bagiannya, fungsi hati, paru-paru dsan kelainan dan penyakit pada ginjal,kulit, paru-paru dan hati.
5 menit

3. Guru memberi beberapa pertanyaan lisan untuk menguji  daya serap dan guru memberi tugas rumah pada peserta didik
(nilai karakter yang ditanamkan :tanggung jawab dan rasa hormat & perhatian )
5 menit

Pertanyaan / penjelasan kegiatan
1.  Jelaskan Fungsi hati.
2.  Jelaskan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
3.  Jelaskan bagian-bagian kulit
4. Jelaskan fungsi kulit.
5.Sebutkan contoh kelainan dan penyakit pada kulit, paru-paru dan hati

E.  Penilaian hasil pembelajaran.
1        Jenis penilaian
a.Tes
b.Non tes (sikap)
2        Teknik penilaian
a.tertulis
3        Bentuk penilaian
a.uraian
4        Prosedur penilaian
a.akhir (postes)



Soal :
NO.
Butir  Soal
Kunci Jawaban
Rentang skor
1
Sebutkan 4 organ penyusun sistem ekskresi dan zat yang dikeluarkan

0  -  4
2
Jelaskan fungsi ginjal


0  -  1
3
Jelaskan proses pembentukan urine


0  -  1
4
Jelaskan zat yang terkandung dalam urine

0  -  4
5
Sebutkan bagian-bagian ginjal

0  -  3
6
Jelaskan fungsi kulit

0  -  5
7
Jelaskan bagian kulit

0  -  3
8
Jelaskan fungsi dan zat yang dikeluarkan paru-paru

0  -  5
9
Jelaskan fungsi hati

0  -  2
10
Uraikan proses kerja ekskresi pada ginjal

0  -  3
Jumlah skor maksimal 32
Nilai = jumlah skor perolehan : skor maksimal X 100

Tugas Rumah
1. Gambar penampang ginjal
2. Gambar penampang kulit

F.  Sumber dan Alat Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
·         Sumarwan, dkk 2007, IPA SMP untuk kelas IX, Jakarta : Erlangga, (halaman : 1- 24 )
·         Fx. Parsono, dkk,2007 PUPIN IPA Terpadu untuk SMP / MTs , Waringin rejo : Seiaji, (halaman 4 – 11)
·         Karnoto,Bambang K , 2004. FOKUS BIOLOGI, Jakarta : Erlangga, (halaman : 72- 73 )
·         Wariyono, Sukis, dkk, 2008,Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar,Panduan Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/MTs, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ( halaman 1- 14 )

   2. Alat dan Media Pembelajaran
·         Alat tulis, seperti : Spidol, penghapus papan,dll
·         Gambar penampang ginjal
·         Gambar penampang kulit
·         Model ginjal
·         Model kulit
·         Model hati



            Mengetahui,                                                                    Lubuk Sikaping,     Juli 2014
             Kepala MTsN Lubuk Sikaping                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

            ADE PABRIAN,M.M.Pd                      ElVINA,S.Pd                                                                                                                                                                           
             Nip. 196702121996031002                                                    Nip.197105231999032001 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar